Jenis Jenis Televisi

1.Televisi Tabung CRT (Cathoda Ray Tube)
televise ini memakai tabung elektroda (CRT).tampilan gambar dihasilkan oleh tabung CRT .elektron 2 yang ada pada tabung terkena sinar yang dipancarkan sehingga membentuk gambar. Televisi jenis ini rencananya akan tergantikan untuk masa depan.karena kelemahan tv jenis ini  yaitu berat, boros pada daya listrik,dan bentuknya yang tidak flexible.

 2. televise layar plasma
apa yang di maksud TV plasma? Plasma sendiri adalah istilah ilmiah yang mengacu pada gas seperti lampu neon dan xenon yang menyala jika terkena sinar listrik. Prinsip kerja layar plasma hampir sama seperti sebuah lampu neon. Dalam layar televisi terdapat ribuan titik gambar kecil yang di sebut pixel, di dalam televisi berwarna, sebuah pixel terdiri dari tiga warna yaitu merah, hijau, dan biru. Di dalam TV plasma pixel terdiri dari penggabungan gas neon atau xenon, dalam satu layar TV plasma terdapat ratusan ribu pixel, tiap-tiap pixel ini terjepit oleh pelat bermuatan listrik, jadi apabila pelat tersebut di aliri arus listrik maka plasma akan bersinar.Ringkasnya, plasma ini akan di gabungkan dengan rangkaian tuner TV dan komponen-komponen audio-video lainnya sehingga dapat menangkap siaran TV dan menampilkan gambar pada layar yang dapat kita lihat dengan mata.Tv jenis  ini punya kerugian juga yaitu apabila lapisan plasma nya bocor,maka akan mengganggu kesehatan kita. Tv ini dikabarkan sudah tidak lagi di produksi karena cairan plasma tersebut  tidak ramah lingkungan dan jenis tv ini kurang diminati masyarakat.

            3. televise portable
Televisi  ini dapat dibawa kemana mana karena sesuai dengan namanya portable. Tv ini tidak memerlukan sumber tegangan dari  PLN, cukup dengan baterai bawaan nya. Baterai juga dapat diisi ulang jika habis. Tv jenis ini cocok untuk anda yang tinggal di kost2an, anda yang lagi liburan ke pantai atau naik gunung.harganya juga bervariatif dan banyak di jual di pasaran. 

            4.televisi layar LCD
LCD tidak menggunakan tabung melainkan kristal cair (Liquid Crystal). Ia juga tidak memerlukan tembakan elektron melainkan hanya membutuhkan aliran listrik. Itu sebabnya TV LCD menjadi lebih langsing dibandingkan TV CRT.
Bayangkan jika Anda membeli sebuah TV CRT yang berlayar besar, misalnya 29 inci. Layar besar ini akan membutuhkan tabung yang juga besar akibatnya bentuk TV menjadi besar dan gemuk dan beratnya secara otomatis juga akan bertambah.
Dengan ukuran layar yang sama TV LCD akan terlihat lebih langsing tanpa harus menambah ketebalan di bagian belakangnya. Akibatnya TV ini juga akan lebih ringan dan memiliki sifat portabilitas yang tinggi.
Oleh sebab itu LCD menjadi harapan banyak orang untuk menggantikan TV bertabung. Selain tipis, TV LCD dapat menampilkan gambar dengan lebih bagus dan mata juga tidak cepat lelah dibandingkan dengan TV CRT.
Jika dilihat dari segi fitur, TV LCD biasanya juga dapat dihubungkan dengan PC. Ini karena pada TV LCD umumnya turut diberikan sebuah konektor VGA. Jadi selain berfungsi sebagai televisi, ia juga dapat menghemat pengeluaran Anda yang tidak perlu lagi membeli monitor TV. Beberapa juga ada yang dilengkapi dengan DVI. DVI ini berfungsi untuk menerima input video digital baik dari PC maupun peralatan lainnya. Ada juga yang berupa koneksi HDMI ( high definition multimedia interface ).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum 3 Jenjang oleh Auguste Comte

Nama dan Karakter Angry Bird

Profil Band Bring Me The Horizon